20207140
3EB05
Pemeriksaan Akuntansi
Renny Nurainy
Definisi Audit Sumber Daya Manusia
Suatu daftar periksa untuk menilai seluruh aspek dari manajemen sumber daya manusia dalam suatu perusahaan
Menurut Sherman & Bohlander, audit SDM memberikan peluang untuk:
1. Menilai efektivitas fungsi SDM
2. Memastikan ketaatan terhadap hukum, kebijakan, perturan dan prosedur
3. Menetapkan pedoman untuk penetapan standar
4. Memperbaiki mutu staff SDM
5. Meningkatkan citra dari fungsi SDM
6. Meningkatkan perubahan dan kreatifitas
7. Menilai kelebihan dan kekurangan dari fungsi SDM
8. Memfokus staff SDM pada masalah masalah penting
9. Membawa SDM lebih dekat pada fungsi fungsi yang lain.
Pelaksanaan Audit
– Audit dapat dilakukan oleh personel internal maupun eksternal
Langkah langkah dalam proses audit (Walter R. Mahler)
1. Memperkenalkan gagasan audit dan menekankan manfaat yang diperoleh
2. Memilih personel dengan ketrampilan yang luas dan memberikan pelatihan
3. Mengumpulkan data dari tahun yang berbeda dalam organisasi
4. Menyiapkan laporan audit untuk manager lini dan evaluasi departemen SDM
5. Mendiskusikan laporan dengan manager operasi
6. Menyatukan tindakan korektif
Pendekatan audit SDM
1. Menetapkan ketaatan hukum dan peraturan
2. Mengukur kesesuaian program dan tujuan
3. Menilai performa program
Fungsi SDM
1. Perencanaan
2. Pemilihan
3. Pelatihan
4. Penilaian
5. Kompensasi
6. Hubungan ketenagakerjaan
Memanfaatkan temuan audit
– Untuk mengidentifikasi tipe tindakan korektif yang diperlukan
Metode metode untuk menganalisa temuan
1. Membandingkan program SDM dengan organisasi
2. Berdasar audit dari beberapa sumber otoritas
3. Mempercayai suatu ratio atau rata rata staf SDM dengan total
4. Menggunakan audit ketaatan untuk mengukur aktifitas SDM apakah sesuai dengan kebijakan, prosedur dan peraturan
5. Mengelola departemen SDM berdasarkan sasaran
Menyiapkan Laporan dan Rekomendasi
– Laporan hasil temuan, evaluasi dan rekomendasi untuk memperbaiki kekurangan dan kelemahan program SDM
Beberapa hal yang menjadi tujuan dan kegunaan audit SDM antara lain :
· Mencari hal-hal yang berpotensi menimbulkan masalah serius di kemudian hari
· Mencari area yang dapat dilakukan perbaikan dan improvement
· Sebagai alat dokumentasi untuk merger, akuisisi maupun reorganisasi
· Untuk mencari tahu seberapa jauh pemenuhan sistem dengan standar, peraturan dan regulasi yang ada.
Adapun sumber data yang bisa digunakan untuk audit SDM adalah :· SOP, aturan dan prosedur yang ada
· Pimpinan Departemen SDM atau personalia
· Pimpinan Departemen lain
1 komentar:
hay mbak...
sya ble minta tolong? sya dpat tgas dri dosen nyari laporan audit personalia sebuah perusahaan, ada ga sma mbak? klo ad tolong dkirim ya mbak ke email saya kaban_tommy@yahoo.com
mhon bantuannya mbak
Posting Komentar